Home / Ruang Inspirasi / Merawat Diri

Merawat Diri

Renungan Minggu Adven I – Minggu, 28 November 2021

Seorang pribadi manusia terdiri atas diri jasmani dan diri rohani. Diri jasmani berkaitan dengan tubuh manusia secara fisik, tentang kesehatan atau sakit jasmani. Diri rohani berkaitan dengan relasi hati manusia dengan Tuhan, tentang rahmat atau sakit rohani. Agar menjadi manusia yang utuh, setiap pribadi diharapkan merawat dirinya secara seimbang, baik rohani maupun jasmaninya.

Merawat diri jasmani dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan tubuh dan kesehatan badan, membudayakan pola makan yang sehat, istirahat yang cukup dan teratur, tidak merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol, olahraga secara benar dan teratur, dan sebagainya. Merawat diri jasmani membuat hidup seseorang lebih semangat, sehat, dan bahagia.

Merawat diri rohani dapat dilakukan dengan doa untuk membangun relasi personal yang karib dengan Tuhan; mengasihi, menolong, dan melayani sesama sebagai bagian dari perbuatan amal. Merawat diri rohani menuntun setiap pribadi menjadi manusia yang berkenan di hadapan Allah.

Hari ini, liturgi Gereja Katolik memasuki masa Adven pekan pertama. Dalam Injil Lukas 21:34, Tuhan Yesus berkata, “Jagalah dirimu, supaya hatimu jangan sarat oleh pesta pora dan kemabukan serta kepentingan-kepentingan duniawi … ” Melalui sabda-Nya, Sang Juruselamat mengingatkan para pengikut-Nya agar tidak jatuh dalam godaan duniawi. Secara eksplisit, nasihat ini berhubungan dengan merawat diri jasmani. Soal bagaimana setiap pribadi menjaga kesehatan tubuhnya agar tidak dirusak oleh pesta pora dan kemabukan. Secara implisit, nasihat ini juga berkaitan dengan merawat diri rohani. Ketika seorang pribadi begitu melekat pada kenikmatan pesta pora dan kemabukan, yang sangat bersifat duniawi, ada kecenderungan bahwa relasi hatinya dengan Tuhan menjadi dangkal.

Nasihat Injil hari ini mengajak kita untuk senantiasa merawat diri kita, dari aspek jasmani maupun rohani. Hal ini menjadi sangat relevan, lebih-lebih pada momentum kita memasuki masa adven, masa ketika kita dengan rindu menantikan kedatangan Sang Imanuel, Yesus Kristus, Juruselamat kita.

Sebagaimana kebiasaan kita menantikan kedatangan tamu yang mengunjungi rumah kita, sebelum kedatangan tamu tersebut, kita tentunya menyiapkan segala sesuatunya dengan baik, mulai dari kebersihan dan kerapihan rumah, penampilan diri, sampai pada jamuan makan-minum yang akan disajikan. Hal yang sama juga kita lakukan untuk menyambut kedatangan Sang Juruselamat.

Tentu, undangannya bukan melulu soal merawat diri jasmani, tetapi lebih penting dari itu, kita diajak untuk merawat diri rohani melalui persiapan batin. Berjaga-jaga sambil berdoa dan hidup benar seturut Firman Tuhan; menjaga tutur kata dan perilaku kita agar tidak menyakiti orang lain; siap sedia memberi diri, menolong, dan melayani sesama, terutama pada masa-masa sulit di tengah badai pandemi Covid-19 ini; dan masih banyak lagi. Ada beraneka macam cara yang dapat kita lakukan untuk merawat diri rohani sebagai bentuk persiapan kita untuk menyambut Natal Tuhan.

Pagi yang cerah dan penuh berkat
Membawa hidup dalam kelimpahan
Dengan diri rohani yang sehat
Mari menyambut kedatangan Tuhan

Salam Bunda Hati Kudus. Tuhan mengasihi.
Fr. M. Walterus BHK

About fraterbhk

Check Also

Siap Sedia Diutus

Saudara BHK yang terkasih, Seorang religius Frater BHK, kerapkali diutus ke komunitas-komunitas di mana para …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *