Home / Sharing Berita / Upacara Pemberkatan Rumah Biara Frateran St. Eusebius, Nunukan

Upacara Pemberkatan Rumah Biara Frateran St. Eusebius, Nunukan

Minggu pagi nan cerah, matahari tersenyum dengan ramahnya di ufuk timur menyaksikan lenggang lenggok tarian hedung dalam iringan gong gendang oleh anak-anak kompleks dari Sanggar Soga Naran, menyambut arak-arakan Yang Mulia Bapa Uskup Keuskupan Tanjung Selor, Mgr. Paulinus Yan Ola, MSF, memasuki pelataran Biara. Di depan porta biara Bapa Uskup disambut hangat oleh Kepala Subperwakilan sekaligus sebagai Pemimpin Komunitas Frateran St. Eusebius, Nunukan, Frater M. Andriano Kleden, BHK dengan kalungan selempang tenun Timor. Penyambutan ini sekaligus sebagai simbol perkenanan kepada Bapa Uskup untuk menumpangkan tangannya yang terurapi dan memberkari atas rumah biara baru Frateran ini.

Pada Minggu, 2 Mei 2021, bertepatan dengan peringatan Hari Pendidikan Nasional, hari yang sengaja dipilih untuk menjadi momen bersejarah bagi Biara Frateran BHK Nunukan. Bukan tanpa alasan tanggal ini dipilih mengingat tumpuhan utama perhatian para Frater adalah dalam bidang pendidikan yang secara khusus mendidik, membina, dan menghantar kaum muda untuk semakin mengenal segala potensi dirinya, sehingga pada giliriannya dapat berkiprah dalam dunia nyata sesuai dengan potensi yang mereka miliki.

Dengan tema “Dalam Kepedulian dan Kesederhanaan” (In Sollicitudine et Simplicitate)”, upacara pemberkatan biara ini langsung dipimpin oleh Mgr. Paulinus Yan Ola, MSF. Iringan kor yang dibawakan oleh para guru dan pegawai SMA Katolik Frateran Santo Gabriel menambah kesemarakan perayaan yang sederhana ini. Melalui homili singkatnya berdasarkan Injil Matius 7:21-27, Yang Mulia menegaskan bahwa iman itu harus menyata dalam perbuatan, sehingga menjadi dasar yang kokoh untuk sebuah bangunan, dan terutama untuk sebuah kehidupan yang telah direncanakan. Iman itu harus tumbuh dalam kehidupan komunitas biara ini, di antara para Frater yang mendiami rumah ini dalam penghayatan kaul-kaul kebiaraan, baik secara pribadi maupun secara bersama sebagai sebuah komunitas rohani. “Setiap orang yang mendengar perkataan-Ku ini dan melakukannya, ia sama dengan orang yang bijaksana, yang mendirikan rumahnya di atas batu” (Mat 7:26).

Upacara pemberkatan biara ini diikuti oleh umat sekitar biara, yaitu umat Kampung Tator. Hadir juga bapak-ibu anggota DPP Paroki Santo Gabriel Nunukan, para Suster, dan bapak-ibu guru serta pegawai SMP dan SMA Katolik Frateran Santo Gabriel Nunukan.

Usai upacara pemberkatan dilanjutkan dengan acara ramah tama sederhana. Dalam acara ramah tama ini, Frater M. Stanislaus, BHK mewakili Kongregasi Frater Bunda Hati Kudus menyampaikan sambutan sekaligus ucapan terima kasih kepada Mgr. Yan Olla yang telah berkenan memberikan berkat keselamatan atas rumah baru, Biara Santo Eusebius Nunukan ini. Dalam sambutannya, Frater Stanis juga mengharapkan agar para Frater yang mendiami rumah ini bisa meneladani Santo Eusebius yang telah dipilih menjadi pelindung rumah ini. Acara jamuan makan sederhana ini dimeriahkan juga dengan beberapa tarian dari peserta didik SMP dan SMA Katolik Frateran St. Gabriel, Sanggar Soga Naran, dan Paduan Suara dari para guru dan pegawai SMA Katolik Frateran Santo Gabriel Nunukan.

Fr. M. Andriano Kleden, BHK

About fraterbhk

Check Also

Seremoni Promulgasi Konstitusi Baru

Fr. Venansius, Pemimpin Umum Salah satu keputusan penting dari Kapitel Umum 2018 Kongregasi Frater-frater Bunda …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *