Home / Identitas Kongregasi / Profil Singkat Frater BHK

Profil Singkat Frater BHK

Logo Resmi Kongregasi

Kongregasi Frater-frater Bunda Hati Kudus (BHK) adalah sebuah tarekat religius laikal (Biarawan) keuskupan untuk kaum pria Katolik Roma yang anggotanya mengikrarkan kaul publik, yaitu kaul ketaatan, kemiskinan, dan kemurnian.

Nama Kongregasi ini dalam bahasa Belanda: Congregatie van de fraters van Onze Lieve Vrouw van het Heilig Hart; Inggris: Congregation of the Brothers of Our Lady of the Secret Heart; Latin: Congregatio Fratrum Dominae Nostrae a Sacro Corde.

Kongregasi, yang para anggotanya dipanggil “FRATER” dan tidak menerima Tahbisan Imamat ini, didirikan di Utrecht, Nederland, pada 13 Agustus 1873 oleh Mgr. Andreas Ignatius Schaepman, Uskup Agung Utrecht.

Kongregasi yang di Negeri Belanda dikenal dengan sebutan Fraters van Utrecht ini masuk di Indonesia terhitung mulai 2 Februari 1928, di Kota Malang, Jawa Timur.

Maria Bunda Hati Kudus adalah pelindung utama Kongregasi dan Santo Vinsensius a Paulo adalah pelindung karya perutusan Kongregasi.

Kongregasi Frater-frater BHK saat ini berada di Indonesia, Belanda, dan Kenya. Komunitas-komunitas Frater BHK di Indonesia berada di Jawa: Malang, Surabaya, dan Kediri; Sumatera: Palembang; NTT: Kupang, Ende, Maumere, Larantuka, dan Weetabula (Sumba Barat Daya); dan Kalimantan: Nunukan.

Para Frater BHK melayani umat Allah dalam bidang Pendidikan dan Pendampingan Kaum Muda.

About fraterbhk

Check Also

Harapan Bapa Pendiri Kongregasi Frater BHK

Harapan Pendiri: “Aku membutuhkan seorang GURU, FRATER, dan GURU.” Pengantar Kongregasi Frater-Frater Bunda Hati Kudus …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *