Home / Sharing Berita / Reuni Akbar SMPK Frateran Celaket 21 Malang

Reuni Akbar SMPK Frateran Celaket 21 Malang

SMPK Frateran Celaket 21 Malang merupakan Sekolah Menengah Pertama yang telah berdiri sejak lama dan menghasilkan lulusan yang berkompeten dan berguna bagi bangsa dan negara. Para alumni yang telah menuntut ilmu dan lulus dari SMPK Frateran Celaket 21 Malang banyak yang menyebar dan bekerja di seluruh pelosok tanah air dengan beragam profesi. Seiring pergantian waktu, perasaan rindu terhadap SMPK Frateran Celaket 21 Malang tercinta tumbuh subur di hati para alumni. Beragam kenangan manis dengan guru tercinta ataupun kenangan indah bersama teman-teman tertanam erat di relung hati dan terbingkai dalam lembaran-lembaran memori manis di pikiran para alumni. Selain itu, adanya keterbatasan jarak dan waktu menyebabkan para alumni hanya bisa mendengar cerita SMPK Frateran Celaket 21 Malang  yang terus berjuang untuk tetap menghasilkan lulusan yang berkompeten dan mampu bersaing dengan sekolah lain.

SMPK Frateran Celaket 21 Malang telah menghasilkan ribuan lulusan. Namun, sayangnya hampir puluhan tahun, semua alumni belum terorganisir secara baik. Walaupun sekarang telah beredar beragam aplikasi elektronik seperti situs jejaringan sosial facebooktwitter, whatsapp, BBM dan lain-lain, akan tetapi media-media tersebut belum sepenuhnya mengakomodasi kerinduan para alumni. Oleh karena itu, sebuah wacana muncul secara spontan dari kepala sekolah untuk mengadakan temu akbar alumni lintas angkatan bagi para alumni SMPK Frateran Celaket 21 Malang angkatan tahun 1970-2000. Ide ini disambut baik oleh bapak ibu guru dan beberapa alumni SMPK Frateran Celaket 21 yang berdomisili di Kota Malang.

Akhirnya dengan berbekal tekad dan keyakinan yang kuat, sekolah siap dan berani  memfasilitasi kegiatan. Sekolah mengundang alumni dalam acara temu akbar lintas angkatan dengan harapan langkah kecil ini menjadi sebuah jalan untuk menarik alumni agar selalu mengingat alamater SMPK Frateran Celaket 21 Malang tercinta. Menjadikan pemacu bagi alumni dengan jenjang angkatan lain untuk membentuk komunitas alumnus SMPK Frateran Celaket 21 Malang yang solid. Acara ini berhasil dilaksanakan berkat kerja cerdasnya panitia kecil yang tergabung dari beberapa alumni dan sekolah. Kerja panitia kecil ini begitu cepat hanya dalam waktu 2 bulan berhasil  menarik ratusan antusiasme para alumni dan bersedia hadir dalam acara temu akbar alumni SMPK Frateran Celaket 21. Informasi tentang temu akbar ini mulai tersebar melalui media bahkan sampai terdengar oleh alumni-alumni angkatan 1950 an, yang hampir semuanya tidak muda lagi. Mereka juga hadir dalam temu akbar ini.

Dalam catatan panitia selama masa persiapan, alumni yang hadir diperkirakan mencapai 500 orang. Namun, pada hari H, yang hadir lebih dari yang diperkirakan yaitu sekitar 600-an orang yang hadir memenuhi bangsal SMPK Frateran Celeket 21 Malang. Hal ini menunjukkan bahwa begitu tingginya antusiasme alumni terhadap almamater tercinta SMPK Frateran Celaket 21 Malang. Hanya selama ini belum ada wadah alumni yang dibentuk sekolah. Karena itu tujuan temu akbar yang diadakan sekolah untuk pertama kali dalam sejarah SMPK Frateran Celaket 21 ini adalah untuk mengobati kerinduan para alumni untuk sejenak melepas kangen dan bernostalgia bersama bapak ibu guru dan teman-teman angkatan, membangun dan meningkatkan solidaritas dalam ikatan silaturahmi di antara sesama alumni dan para guru SMPK Frateran Celaket 21 Malang angkatan tahun 1970-2000.

Momen ini membuka ruang untuk saling berbagi, bekerja sama, dan membantu satu sama lain dalam berbagai hal. Membentuk dan mengukuhkan wadah resmi ikatan alumni SMPK Frateran Celaket 21 Malang yakni berupa database alumni SMPK Frateran Celaket 21 Malang sebagai wadah bertukar informasi tentang pengalaman dan cerita sukses para alumni, kepedulian terhadap sesama, serta wahana silaturahmi dalam rangka memperat persaudaraan agar tetap abadi. Karena itu kegiatan temu akbar lintas angkatan ini mengusung tema: SEDULURAN SAK LAWASE yang artinya saudara selamanya. Pada acara temu akbar perdana ini telah dibentuk kepengurusan Ikatan Keluarga Alumni SMPK Frateran Celaket 21 Malang (IKA FC21) yang diketuai oleh Deny dari alumni angkatan tahun 1983.

Temu akbar lintas angkatan 1970-2000 merupakan temu akbar terbesar sepanjang sejarah. Menariknya, temu akbar ini juga dihadiri oleh alumni angkatan 1951-1958. Temu akbar ini digelar di bagsal sekolah yang bernuansa sederhana, Sabtu 22 Desember 2018. Temu akbar ini dihadiri 600-an alumni yang datang dari berbagai penjuru tanah air.

Di antaranya, hadir juga Bapak Tinton Soeprapto, salah satu mantan pembalab Indonesia yang kini mendirikan Sentul Driving Course, sebagai salah satu sarana pendidikan dan pelatihan mengemudi yang baik dan benar untuk keselamatan berkendara baik untuk kendaraan roda dua maupun roda empat. Beliau adalah alumni angkatan 1977, yang semasa sekolah menurut penuturannya paling nakal di antara teman-teman seangkatannya. Beliau menjadi satu di antara sebagian alumni yang dulu terkenal nakal dan biasa-biasa saja, tetapi justru menjadi orang sukses dan menjadi orang yang terpandang di daerahnya.

Dalam acara temu akbar ini juga sekolah mengundag bapak ibu guru purna bakti, yang tentunya, dengan kehadiran mereka ini menambah suasana temu akbar menjadi lebih indah dan menyenangkan. Dari wajah-wajah mereka terpancar dari dalam suatu kebanggaan akan kesuksesan dan keberhasilan alumni yang kini tersebar di berbagai daerah, yang merupakan jerih paya mereka selama masih aktif sebagai guru di alamater tercinta SMPK Frateran Celekt 21 Malang.

Temu akbar SMPK FC21 berlangsung hingga sore hari. Salah satu bagian inti dari acara temu akbar SMPK FC21 adalah napak tilas dengan menyebrang sungai untuk melihat gedung SMPK Frateran Celaket 21 yang kini menjadi SMAK Frateran Malang sebelum pindah ke Biara Induk Frateran Bunda Hati Kudus. Acara temu akbar ini ditutup dengan berforo bersama per angkatan bersama bapak ibu guru purna bakti yang hadir, sekaligus penyerahan kenangan bagi bapak ibu guru purna bakti SMPK Frateran Celaket 21 Malang.

Temu akbar ini adalah awal dalam sejarah SMPK Frateran Celaket 21 Malang, yang tidak akan berhenti, tetapi akan berkelanjutan. Melalui temu akbar ini disepakati bersama untuk mengadakan reuni akbar yang akan dilaksanakan  pada tahun 2020  yang akan datang. Reuni akbar ini akan langsung ditangani oleh alumni yang sudah terbentuk sebagai Ikatan Keluarga Alumni SMPK Frateran Celaket 21 Malang (IKA FC21).

Fr. M. Faustinus Banusu, BHK

About fraterbhk

Check Also

Seremoni Promulgasi Konstitusi Baru

Fr. Venansius, Pemimpin Umum Salah satu keputusan penting dari Kapitel Umum 2018 Kongregasi Frater-frater Bunda …

2 comments

  1. Saya Slamet Hariadi alumni SMPK Celaket 21 lulusan tahun 1974.
    Wis lali cak konco-konco kabeh. Mungkin kalau bisa dibangun data basenya akan sangat bermanfaat paseduluran yg sdh lama putus. Salam

    • Salam Pak Slamet. SMPK Celaket 21 sekarang ada wadah alumni. Silakan kunjungi sekolah (via daring) untuk mendapatkan wadah alumni tersebut. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *